Tiga penemu yang mengubah kehidupan ku

Malam ini lampu padam. 
Rumah ku gelap gulita. Hidup serasa di dalam gua. Pengap, gelap, dan menyebalkan. Mana baterai HP tinggal 20%.duh! Malam  minggu bakal jadi kelabu. 

Untung tidak berada lama lampu kembali menyala.  HP yang  hampir sekarat bisa kuisi kembali. Aku bayangkan  jika tadi mati lampu dan listrik tidak menyala lagi selamanya. Tentu rumahku, , kotaku akan gelap gulita.  Untungnya ada Michael Faraday. Dialah sang penemu listrik. Ia lahir di Newington BUtts, Inggris pada tanggal 22 September 1791.

Berkat jasanya, pekerjaan kami menjadi ringan. Ibuku dengan ruang menyetrika baju tanpa membakar arang. Jika hari panas tinggal menghidupkan kipas angin. Tangan pun tidak pegal bolak  balik menggerakan kipas yang terbuat dari bambu atau kertas. 

Lampu yang  baru di beli siang tadi menyala dengan terang. Aku tidak takut tersandung karena jalan  terang dan kelihatan. Itu berkat Thomas Alva edison. Tidak bersekolah dengan guru tetapi dengan ibunya ia mampu menjadi orang hebat. Tentu karna bukan tidak sekolah tetapi karna semangat belajarnya yang tidak kenal menyerah. 

Thomas Alva edison, lahir di  Milan, ohio Amerika tanggal 11 februari 1847 bersyukur bisa bersekolah. Jika aku tidak bersekolah apakah ibuku yang akan mengajar di rumah. Ah, rasanya tidak mungkin. Kehidupan  manusia yang menerangi jalan dengan lampu minyak kini mengganti lampunya dengan  lampu listrik yang menyala jauh lebih terang. 

Ketika aku sedang mengerjakan tugas, adikku minta di belikan bakso. Tukang bakso lumayan jauh dari rumahku. Aku bisa naik sepeda . Sepedaku roda dua. Dari pada aku berjalan kaki ku pegal, lebih baik naik sepeda. Ringan dan tentu lebih cepat sampai. Siapa penemu roda, ya? 


Dari buku dan Vidio aku tahu bahwa sebelum ada roda, orang memindahkan  barang berat menggunakan kayu gelondongan , lalu pada tahun 35000 sebelum masehi orang membuat roda. Akhirnya pada tahun 35000 di temukan roda. Ada tokoh bernama Charles Goodyear ia menemukan roda dari karet. Lalu ada tokoh bernama John boyd Dunlop ia menemukan  ban yang berisi udara. 


Berkat jasa mereka kami tidak berjalan kaki jika berpergian jauh. Naik sepeda, sepeda motor, dan mobil yang memiliki roda bundar yang berputar kencang. Wusssss....,........ Melaju menuju arah yang di tujukan . Itulah tiga penemu yang meringankan pekerjaan ku. 



      sekian Terima kasih, Wassallammualikum WR WB. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jum'at 16 Oktober 2020

Membuat Blog