Listrik, pengubah wajah dunia

      Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat 
menghasilkan gelombang Elektromagnetik. 

      Arus Listrik adalah gelombang Elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan  magnet dan medan Listrik yang terjadi terus menerus. 

       Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus Listrik. Arus Listrik di hasilkan oleh Generator Raksasa pada pusat pembangkit Listrik. Arus Listrik tersebut di salurkan melalui jaringan Listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju  ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. 

      Contoh Rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter.  Rangkaian seri dan paralel juga bisa di temui pada lampu-lampu di rumah. Tanpa Listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jum'at 16 Oktober 2020

Membuat Blog

Tiga penemu yang mengubah kehidupan ku